Alat Suling Minyak Atsiri
Artikel Bisnis, Artikel Mesin

Alat Suling Minyak Atsiri, Penghasil Minyak Berkualitas

Alat Suling Minyak Atsiri atau yang dikenal dengan Mesin Destilasi Minyak Kayu Putih merupakan mesin yang dimanfaatkan untuk menyuling atau melakukan proses destilasi minyak yang berasal dari tanaman. Jika memanfaatkan alat ini untuk proses penyulingan, maka hasil yang diperoleh dari menyuling minyak atsiri akan lebih berkualitas dan dapat dipakai untuk bermacam-macam kepentingan. Adapun tanaman yang dapat disuling dengan menggunakan mesin ini, antara lain:

1. Minyak Nilam

Ada beberapa macam tanaman yang bisa disuling dengan menggunakan mesin penyuling ini. Salah satu hasil penyulingan minyak dari tanaman dengan menggunakan mesin penyuling ini adalah minyak nilam. Oleh karena itu ada juga yang menyebutnya sebagai mesin penyuling minyak nilam.

2. Minyak Cengkeh

Bukan cuma tanaman nilam saja yang dapat disuling minyaknya dengan mesin ini, cengkeh yang dikenal sebagai tanaman rempah juga bisa diambil minyaknya dengan menggunakan mesin penyuling ini.

3. Minyak Pala

Selain minyak nilam dan cengkeh, pala juga merupakan salah satu tanaman yang dapat diambil minyaknya dengan memanfaatkan mesin penyuling ini. Oleh karena itu ada juga yang menyebutnya sebagai mesin penyuling minyak pala.

Sebetulnya masih ada beberapa tanaman lain yang dapat disuling dengan mesin ini seperti minyak kayu putih yang sudah tidak perlu ditanyakan lagi manfaatnya.

Alat Suling Minyak Atsiri

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang dikenal sebagai pembuat minyak atsiri. Tanahnya yang subur memiliki banyak sekali kekayaan hayati yang bisa digunakan untuk berbagai kepentingan.

Sehingga tidak heran jika Indonesia menjadi salah satu penghasil minyak atsiri terbaik di dunia. Adapun tahap atau proses penyulingan minyak atsiri bisa dilakukan dengan tiga cara yaitu penyulingan menggunakan air dan uap, penyulingan dengan sistem rebus dan juga penyulingan dengan uap secara langsung.

Sedangkan untuk mendapatkan minyak atsiri itu sendiri, mesin penyuling minyak atsiri modern ada dua jenis model mesin yaitu mesin destilasi model boiler dan mesin destilasi model STEAM. Berikut penjelasan secara detail dari dua jenis model mesin penyuling modern yang dapat Anda manfaatkan:

1. Mesin Destilasi Model Boiler (Alat Suling Minyak Atsiri)

Cara pengoperasian mesin penyuling minyak model boiler ini adalah pertama kali dengan memasukkan bahan baku baik yang sudah layu terlebih dahulu atau bahan baku dalam kondisi yang masih basah ke dalam alat penyuling yang telah terisi air, kemudian dipanaskan.

Uap yang dihasilkan dari alat dialirkan memakai sebuah pipa yang disambungkan dengan kondensor. Uap yang masih menyatu antara uap dan minyak ini akan terkondensasi menjadi cairan dan kemudian akan ditampung dalam sebuah wadah.

Selanjutnya cairan minyak ini akan dipisah dengan memakai separator pemisah minyak guna diambil minyaknya saja. Cara pemakaian mesin penyuling minyak atsiri dengan model ini dapat digunakan untuk menyuling minyak aromaterapi seperti minyak mawar, melati, minyak kayu putih, minyak daun sirih, minyak daun cengkeh dan sebagainya.

2. Mesin Destilasi Model Steam (Alat Suling Minyak Atsiri)

Yang kedua adalah mesin penyuling minyak atsiri dengan memakai model steam. Bahan baku yang akan disuling tikak kontak secara langsung dengan air maupun api tetapi hanya kontak dengan uap bertekanan tinggi yang dimanfaatkan untuk menyuling minyak

Uap bertekanan tinggi ini disalurkan melalui pipa dan masuk ke dalam ketel yang terisi bahan baku, kemudian uap yang keluar dari ketel disambungkan dengan kondensor. Cairan kondensat yang masih tercampur antara air dan minyak akan dipisahkan dengan menggunakan separator

Pemakaian mesin penyuling minyak atsiri model ini cocok dipakai untuk tanaman yang membutuhkan tekanan tinggi untuk pengeluaran minyaknya seperti gaharu, cendana, seledri dan sebagainya.

Mengingat Indonesia sendiri yang kaya akan berbagai tanaman yang dapat diambil minyaknya ini, seperti cengkeh, cendana, gaharu, dan sebagainya, maka peluang menekuni usaha penyulingan minyak dengan menggunakan mesin penyuling minyak atsiri terlihat cukup menjanjikan untuk dilakoni.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *